Skip to main content

Attachments by Rainbow Rowell

Attachments by Rainbow Rowell
"Hi, I'm the guy who reads your e-mail, and also, I love you . . . "
From the award-winning author of Eleanor & Park, Fangirl, and Landline comes a hilarious and heartfelt novel about love in the workplace.

Beth Fremont and Jennifer Scribner-Snyder know that somebody is monitoring their work e-mail. (Everybody in the newsroom knows. It's company policy.) But they can't quite bring themselves to take it seriously. They go on sending each other endless and endlessly hilarious e-mails, discussing every aspect of their personal lives.

Meanwhile, Lincoln O'Neill can't believe this is his job now- reading other people's e-mail. When he applied to be "internet security officer," he pictured himself building firewalls and crushing hackers- not writing up a report every time a sports reporter forwards a dirty joke.
When Lincoln comes across Beth's and Jennifer's messages, he knows he should turn them in. But he can't help being entertained-and captivated-by their stories.
By the time Lincoln realizes he's falling for Beth, it's way too late to introduce himself.
What would he say . . . ?

***
Attachments adalah buku pertama yang ditulis oleh Rainbow Rowell di tahun 2011. Yup, buku pertama! Awalnya saya pikir Fangirl adalah buku pertama penulis kelahiran 1973 ini, dan Attachments terbit belakangan, namun saya salah. Meskipun ini buku pertama Rainbow, please save your judgment first!

Sesuai dengan blurbs di atas, Attachments menceritakan tentang seorang pria berumur 28 tahun bernama Lincoln yang bekerja sebagai IT Guy di sebuah perusahaan percetakan koran harian-Courier. Tugas utama Lincoln, bisa dibilang sangat unik (yang sekaligus membuat saya langsung paranoid) yaitu memeriksa flagged email pribadi yang dikirim oleh tiap karyawan di perusahaan tersebut. 

Setiap malam (karena Lincoln-bekerja pada shift malam), Lincoln akan memeriksa beberapa email yang masuk ke dalam folder khusus karena telah ditandai oleh sistem, dan menghabiskan sepanjang malam untuk membunuh kebosanannya. Namun, ada beberapa email yang sering kali masuk ke dalam folder tersebut, dikirim oleh sepasang sahabat Jennifer dan Beth. 

Hari demi hari, Lincoln membaca email tersebut dan merasakan kedekatan dengan kedua wanita tersebut. Seolah Lincoln mengenal mereka, kelucuan, sarkasme, kecerdasan, dan betapa kedua sahabat itu saling melindungi tercermin dari pertukaran email mereka. Lincoln bahkan bersumpah tidak akan pernah mengirim mereka peringatan meskipun email mereka berkali-kali tertandai.

Jennifer adalah wanita-yang mengaku dirinya gemuk dan telah memiliki suami bernama Mitch. Mitch sangat tergila-gila akan ide memiliki anak, sementara Jennifer memiliki ketakutan akan memiliki anak. Di awal, Jennifer menceritakan sindrom 'hamil'nya kepada Beth, dan Beth selalu menanggapinya dengan humor dan sayang.

Beth adalah wanita cantik yang memiliki kekasih seorang gitaris dari band bernama Sacajewa. Chris, ia temui ketika Beth masih duduk di bangku kuliah, dan hingga saat itu mereka telah menjalin hubungan selama 8-9 tahun. Chris adalah sosok yang selalu diidam-idamkan perempuan, tampan dan rock star!Begitu juga Beth, sangat mencintainya hingga terkadang ia merasa sendirian dalam berusaha menjaga hubungan mereka. Hal itu juga yang kadang membuat Jennifer terkadang tidak menyukai Chris.

Sementara Lincoln, adalah laki-laki bertubuh kekar, berwajah tampan yang memiliki isu dengan kepercayaan dirinya. Lincoln sangat pemalu dan kurang inisiatif. Meskipun ia sangat tampan, dan baik hati, ia hanya memiliki 1pengalaman cinta dan membuatnya menutup diri hingga saat itu. Lincoln masih tinggal bersama Ibunya, dan hal itu yang membuat kakak perempuannya selalu mendorongnya untuk keluar dari rumah.

Hampir setiap hari membaca email Jennifer dan Beth, membuat Lincoln mulai menyukai Beth. Kecerdasan dan kelucuan Beth yang menarik Lincoln hingga melakukan hal-hal yang 'stalky', seperti duduk di meja Beth hanya untuk membayangkan sosok Beth.

 Kemudian, kepercayaan diri Lincoln mulai tumbuh ketika Beth mulai menyebut ia di dalam email-emailnya-dan menyebutnya sebagai MCG-Mr.Gute Guy. Dari situlah butterfly-in the-stomach- effect dimulai. Bagaimana Lincoln berusaha mencintai dirinya sendiri, begitu juga Beth.

So far, jika sebelumnya saya mencintai Rainbow Rowel karena Eleanor & Park, maka saya akan mengkoreksi - I love Rainbow because of Eleanor and Parks, and Attachments! Sulit dipercaya bahwa Attachments adalah buku pertama Rainbow- karena everything is so perfect (except- goof Lord of the Rings-mengingat setting tahun 1999-namun LOTR yang dibuat di tahun 2001-disebut-sebut di situ, mungkin maksudnya adalah buku-bukan movie).

Sama seperti Eleanor and Parks, saya membaca 3/4 buku ini dalam waktu 3 jam, dan bagaimana saya jatuh cinta pada sosok Lincoln. Jika ada para wanita yang menganggap rendah laki-laki yang sangat dekat dengan ibunya, eat that pride! Karena Lincoln di sini, meskipun sangat dekat dengan ibunya, namun sama sekali tidak menunjukkan kemanjaan, alih-alih seorang gentlemen yang bisa memperlakukan wanita seperti seorang wanita seharusnya.

Saya akan memberi 4.5 dari 5 bintang untuk buku ini, bahkan mungkin buku komedi romantis terbaik yang pernah saya baca!

Thank you Mrs. Rowell, once again for the pleasant read!!

Comments

Popular posts from this blog

Strange Weather in Tokyo by Hiromi Kawakami

Strange Weather in Tokyo Tsukiko, thirty-eight, works in an office and lives alone. One night, she happens to meet one of her former high school teachers, "Sensei," in a local bar. Tsukiko had only ever called him "Sensei" ("Teacher"). He is thirty years her senior, retired, and presumably a widower. Their relationship develops from a perfunctory acknowledgment of each other as they eat and drink alone at the bar, to a hesitant intimacy which tilts awkwardly and poignantly into love. As Tsukiko and Sensei grow to know and love one another, time's passing is marked by Kawakami's gentle hints at the changing seasons: from warm sake to chilled beer, from the buds on the trees to the blooming of the cherry blossoms. Strange Weather in Tokyo is a moving, funny, and immersive tale of modern Japan and old-fashioned romance.  **** Strange Weather in Tokyo Author : Hiromi Kawakami Translator : Allison Markin Powell Published

The Setting Sun by Osamu Dazai

The Setting Sun  The Setting Sun Author : Osamu Dazai Published in 1947 Original Language : Japanese *** Set in the early postwar years, it probes the destructive effects of war and the transition from a feudal Japan to an industrial society. *** "Such Innocence really charms me, and I wndered if M other might not be one of the last of that kind of lady" Ketika saya secara tidak senga ja membaca No Longer Human   di rak buku Best Seller di sebuah pusat toko buku di Sh ibuya, saya tertar i k dengan judul dan Covernya yang abstra k. Setelah menye lesaikannya, dan mela kukan sedi kit riset, ternyata se tahun sebelum No Longer Human, Osamu Dazai menulis The Setting Sun -yang juga banyak mendapat pujian dan pengakuan secara Internasional. Masih membawa backgroun d sang penulis,Aristocrac y, Osamu Dazai membentuk karakter utama  yang surprisingly wanita berusia 30 tahunan bernama Kazuko. Kazuko tinggal bersama dengan Ibunya setelah mengalami pe

Inheritance, Seri Terakhir Tetralogi Inheritance cycles

Judul : Inheritance Penulis : Christopher Paolini Tahun : 2011 (Indonesia,2012) Publisher : Gramedia (Indonesia) Di bulan Juni 2012 ini, akhirnya Gramedia menerbitkan seri terakhir yang telah ditunggu selama lebih dari 3 tahun, Inheritance. Inheritance merupakan buku keempat dari tetralogi Inheritance Cycle yang ditulis oleh anak muda berbakat, Christoper Paolini. Tetralogi ini terdiri dari Eragon (2002), Eldest (2005), Brisingr (2008), dan Inheritance (2011,diterbitkan di Indonesia 2012). Jika kita sedikit lupa dengan cerita terakhir bagaimana ending di buku ketiga,Brisingr, pada bab pengantar akan disajikan ringkasan tiga buku yang dapat merefresh ingatan kita sampai dimana perjuangan Eragon dan Naga birunya, Saphira untun menumbangkan Galbatorix. Secara keseluruhan, Inheritance cycle mengisahkan tentang perjuangan remaja yatim piatu bernama Eragon yang ditakdirkan berperan sebagai penunggang naga betina terakhir, Saphira. Sebelum bertemu Saphira, seumur hidup Eragon h