Skip to main content

One of Us Lying

One of Us Lying Hardcover


Pay close attention and you might solve this.
On Monday afternoon, five students at Bayview High walk into detention.
    Bronwyn, the brain, is Yale-bound and never breaks a rule.
    Addy, the beauty, is the picture-perfect homecoming princess.
    Nate, the criminal, is already on probation for dealing.
    Cooper, the athlete, is the all-star baseball pitcher.
    And Simon, the outcast, is the creator of Bayview High’s notorious gossip app.

Only, Simon never makes it out of that classroom. Before the end of detention Simon's dead. And according to investigators, his death wasn’t an accident. On Monday, he died. But on Tuesday, he’d planned to post juicy reveals about all four of his high-profile classmates, which makes all four of them suspects in his murder. Or are they the perfect patsies for a killer who’s still on the loose?

Everyone has secrets, right? What really matters is how far you would go to protect them.


*****
One of Us Lying
Author : Karen M.McManus
Published : May 2017
Publisher : Delacorte Press


Saya menemukan buku ini secara tidak sengaja dari artikel-artikel recommended books untuk genre Young Adult dan kebetulan saya sedang butuh 'take a break' dari buku-buku yang 'mind-life' changing.
One of Us Lying hampir memiliki latar belakang cerita seperti 13 Reasons Why- terutama season II yang mana setiap halaman di buku ini mengundang untuk terus dibaca sampai halaman terakhir. Yup, every single page is thrilling, mysterious and undecided until...

Well, hampir mustahil bagi saya untuk menceritakan tentang buku ini tanpa sedikit menumpahkan spoiler di tulisan.

Diawali dengan kejadian detensi yang super random dari lima orang Bronwyn the straight A, Addy si gadis cantik populer, Nate si rebel (yang seksi tentu), Cooper si atlit populer (yang mengingatkan saya pada sosok Zac di 13Reasons Why) dan Simon, si eksentrik yang sensasional dengan aplikasi gosipnya (lambe turah gitu deh).

Penyebab detensi pun super aneh, kelimanya kedapatan memegang HP saat di kelas sehingga mereka dikumpulkan untuk dihukum. Kelimanya tidak berasal dari grup yang sama, bahkan bagi Nate beberapa nama yang ia temui adalah orang yang tidak ia ketahui namanya. Kecuali Bronwyn, gadis itu adalah teman masa kecilnya.

Namun belum selesai detensi mereka, Simon harus meregang nyawa di dalam ruangan tertutup bersama dengan 4 orang lainnya. Alergi kacang penyebabnya.

Kejadian itu mengguncang keempat orang itu. Keempatnya menjadi saksi dan ditanyai keterangan, namun tentu saja 1 orang yang dicurigai lebih dari yang lainnya karena track recordnya.

Dari saling mencurigai sampai akhirnya mereka saling membantu dan menjadi dekat. Diantara mereka pun terjalin persahabatan (dan cinta?) yang sebelumnya tidak pernah ada. Mereka berempat akhirnya bersama-sama memecahkan misteri pembunuh Simon sebenarnya.

Thrilling? Yes
Well written? Yes

Hanya, genre dan setting dari buku ini too familiar dengan buku-buku YA yang lain. Saya tidak memiliki komplain terhadap plot hole bahkan buku ini ditulis sangat rapi, namun masalahnya, saya terlalu sering membaca karakter seperti mereka ber-4 di buku-buku YA, sehingga setengah buku terakhir, saya bisa menebak akhir cerita dengan berhasil.

Alas, jika kamu belum pernah baca/menonton 13Reasons Why atau membaca buku-buku YA, you will definitely love this book!

Comments

Popular posts from this blog

Strange Weather in Tokyo by Hiromi Kawakami

Strange Weather in Tokyo Tsukiko, thirty-eight, works in an office and lives alone. One night, she happens to meet one of her former high school teachers, "Sensei," in a local bar. Tsukiko had only ever called him "Sensei" ("Teacher"). He is thirty years her senior, retired, and presumably a widower. Their relationship develops from a perfunctory acknowledgment of each other as they eat and drink alone at the bar, to a hesitant intimacy which tilts awkwardly and poignantly into love. As Tsukiko and Sensei grow to know and love one another, time's passing is marked by Kawakami's gentle hints at the changing seasons: from warm sake to chilled beer, from the buds on the trees to the blooming of the cherry blossoms. Strange Weather in Tokyo is a moving, funny, and immersive tale of modern Japan and old-fashioned romance.  **** Strange Weather in Tokyo Author : Hiromi Kawakami Translator : Allison Markin Powell Published

The Setting Sun by Osamu Dazai

The Setting Sun  The Setting Sun Author : Osamu Dazai Published in 1947 Original Language : Japanese *** Set in the early postwar years, it probes the destructive effects of war and the transition from a feudal Japan to an industrial society. *** "Such Innocence really charms me, and I wndered if M other might not be one of the last of that kind of lady" Ketika saya secara tidak senga ja membaca No Longer Human   di rak buku Best Seller di sebuah pusat toko buku di Sh ibuya, saya tertar i k dengan judul dan Covernya yang abstra k. Setelah menye lesaikannya, dan mela kukan sedi kit riset, ternyata se tahun sebelum No Longer Human, Osamu Dazai menulis The Setting Sun -yang juga banyak mendapat pujian dan pengakuan secara Internasional. Masih membawa backgroun d sang penulis,Aristocrac y, Osamu Dazai membentuk karakter utama  yang surprisingly wanita berusia 30 tahunan bernama Kazuko. Kazuko tinggal bersama dengan Ibunya setelah mengalami pe

Inheritance, Seri Terakhir Tetralogi Inheritance cycles

Judul : Inheritance Penulis : Christopher Paolini Tahun : 2011 (Indonesia,2012) Publisher : Gramedia (Indonesia) Di bulan Juni 2012 ini, akhirnya Gramedia menerbitkan seri terakhir yang telah ditunggu selama lebih dari 3 tahun, Inheritance. Inheritance merupakan buku keempat dari tetralogi Inheritance Cycle yang ditulis oleh anak muda berbakat, Christoper Paolini. Tetralogi ini terdiri dari Eragon (2002), Eldest (2005), Brisingr (2008), dan Inheritance (2011,diterbitkan di Indonesia 2012). Jika kita sedikit lupa dengan cerita terakhir bagaimana ending di buku ketiga,Brisingr, pada bab pengantar akan disajikan ringkasan tiga buku yang dapat merefresh ingatan kita sampai dimana perjuangan Eragon dan Naga birunya, Saphira untun menumbangkan Galbatorix. Secara keseluruhan, Inheritance cycle mengisahkan tentang perjuangan remaja yatim piatu bernama Eragon yang ditakdirkan berperan sebagai penunggang naga betina terakhir, Saphira. Sebelum bertemu Saphira, seumur hidup Eragon h